Selasa, 08 November 2011

Uneg Uneg

Apa ya arti kata uneg- uneg itu. Kata ini berasal dari bahasa Jawa. Mungkin artinya perasaan hati yang terpendam kale. Atau suasana batin yang sedang banyak menyimpan perasaan hati. Menyimpan pikiran- pikiran yang menyesak tak dapat dikeluarkan, karena sengaja ditahan- tahan dan akhirnya membuat pikiran dan perasaan hati tidak tenang. Menjadi seperti orang gelisah. Yah.. pokoknya begitulah penampilan orang yang menyimpan uneg- uneg tapi tidak dikeluarkan.

Pada keadaan seperti ini, biasanya orang terus pingin curhat. Ada yang memang bisa spontan kepada siapa saja ia menumpahkan perasaannya. Nerocos tanpa bisa direm. Umpama motor gitu blong remnya. Hehe ...

Tapi ada juga lo, malah banyak mungkin yang justru tidak bisa mengeluarkan secara terus terang. Bicara curhat secara lepas kayak yang pertama tadi. Ceplas ceplos.. tak peduli itu rahasia atau tidak. Open Baar. Kalau orang yang satu ini malah kebalikannya. Lebih banyak diamnya dari pada ngomongnya. Uneg- unegnya dipendam terus. Lama- lama merasa tertekan. Dan mungkin orang begini ini yang dimaksud  yang sedang menderita batin.

Entahlah karena faktor apa, orang menjadi pendiam dan menekan perasaan hatinya dalam- dalam. Perasaan dan pikirannya disimpannya sendiri. Uneg- uneg tidak dikeluarkannya. Kata orang keadaan seperti ini adalah tipe makan hati. Bicara kedalam, berdialog sama sendirinya secara bayangan. Berbicara dialam pikirannya sendiri.

Mungkin orang yang sulit mengeluarkan uneg- uneg itu disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya rasa malu, merasa gengsi, atau memang ada kecenderungan pengaruh dimasa kanak- kanak dulu. Dimana budaya tabu bila ada anak atau orang yang banyak ngomong dianggap anak kurang ajar oleh para orang tua jaman dulu. Anak tidak tahu adat. Akibatnya, setelah besar dan menjadi orang akhirnya sulit menyalurkan uneg- unegnya.

Terus apalagi lagi yang bisa kukatakan disini, haha.. jangan- jangan aku ini lalu terkena juga, tidak bisa mengeluarkan uneg- uneg. Yah.. uneg- uneg, begitulah ceritanya, selintas tentang uneg- uneg. Uneg- uneg yang dipunyai oleh semua orang kurasa. Jadi universal sifatnya.

Pengelolaan uneg- uneg ini yang penting. Bagaimana uneg- uneg bisa tersalurkan dengan lancar. Sebab pada kenyataannya, banyak uneg- uneg sering mencitakan suatu ide luar biasa dan tidak diduga sebelumnya.

Jadi aku kira uneg- uneg ini, perlu dibuatkan saluran.

Kapan- kapan kita konsultasi aja ama pakarnya uneg- uneg, ya siapa lagi kalau tidak para psikolog itu. 

Tapi bagi aku, penyaluran uneg- uneg ini, yang paling tepat yang uda aku lakukan selama ini adalah ngeblogger. 

lMenyalurkan uneg- uneg lewat Blog dan tentunya juga lewat jejaring sosial seperti FB, Twitter dan lain- lain. :) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda?