Jumat, 01 Agustus 2008

Inovasi Baru Perangkat Ubah Cara Lama

Semua hasil karya yang kelihatan berhasil dibumi ini, disetiap kebudayaan yang ada, tadinya berasal dari hal yang tidak kelihatan, didalam alam pikiran. Ibarat air cucuran hujan yang meneteskan airnya kesuatu lahan dan makin lama membuat celah atau ceruk yang makin lebar dan dalam membentuk lembah- lembah gunung. Maka sejak itu air selalu mengalir melewati lembah tersebut.

Bertolak dari hal tersebut maka terkadang kita perlu memicu lagi imaginasi dan daya perubahan yang dimiliki manusia. Tetapi hal ini sulit dilakukan. Meskipun demikian ada suatu cara seperti apa yang dituliskan oleh seorang penulis terkenal seperti Dennis Sherwood dalam bukunya yang berjudul "Smart- Things To Know About Innovation & Creativity." Bahwa kita harus meninggalkan samasekali cara- cara lama yang selama ini telah memberi hasil yang baik kepada kita. Berat memang, tetapi itu merupakan syarat terjadinya inovasi yang betul- betul inovasi.

Dikatakan bahwa sebagian besar dari kita telah terkurung dilingkaran kepuasan dan keberhasilan dimasa lalu. Sehingga tidak mampu lagi melihat perubahan keadaan sekitar secara peka dimana secara objectif perubahan terjadi begitu cepatnya. Hal sumber daya ditempat yang lama dengan perlahan tetapi pasti akan menyusut tidak disadarinya.

Proses re- inovasi atau inovasi yang diperbarui ini berjalan melalui empat tahapan dasar yang menjadi sasarannya (Innovation Target), yakni: Pengajuan gagasan (Idea generation) Jadi harus ada ide lebih dahulu, kemudian evaluasi (Evaluation) yang disini berarti memilih gagasan- gagasan yang akan ditindak lanjuti, berikutnya adalah pengembangan (Development) yaitu memperbaiki gagasan- gagasan yang terdiri dari konsep- konsep menjadi realitas yang menghasilkan sesuatu, dan terakhir, implementasi ialah mengupayakan gagasan tersebut sungguh- sungguh terjadi. Secara singkatnya inovasi disini adalah suatu usaha mengubah bahasa teori menjadi bahasa operasional. Mengubah sesuatu yang masih bersifat angan- angan menjadi suatu kejadian yang kenyataan.

.. bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda?